Cara Mengatasi Dismenore

Kenali Penyebab Dismenore / Nyeri Haid!!

Dismenore merupakan istilah medis untuk menggambarkan rasa nyeri atau kram perut pada saat menjelang haid atau saat haid. Pada beberapa wanita, rasa sakit dibagian perut bawah tidak bergitu terasa dan tetap bisa melakukan aktivita seperti biasa, namun sebagian wanita lainnya merasakan nyeri yang tidak tertahan sehingga tidak mampu untuk melakukan apapun. Semakin dewasa seorang wanita, maka semakin berkurang rasa sakit yang dirasakan, dan kondisi ini dapat hilang saat wanita memiliki bayi.

Penyebab Dismenore

Sepanjang waktu, terjadi kontraksi halus pada otot dinding rahim yang umumnya tidak terasa. Namun saat masa menstruasi, kontraksi ini menjadi kencang sebagai bagian dari peluruhan dinding rahim saat haid. Kontraksi tersebut menekan pembuluh darah yang mengelilingi rahim, sehingga memutuskan suplai darah dan oksigen ke rahim, ketiadaan oksigen inilah yang mengakibatkan jaringan rahim melepaskan bahan kimia yang menciptakan rasa nyeri.

Saat menstruasi tubuh akan mengeluarkan bahan kimia bernama prostaglandin yang memicu otot rahim terus berkontraksi dan rasa nyeri semakin buruk, prostaglandin juga dapat meicu kondisi seperti mual, diare, lemas dan sakit kepala yang menyertai rasa nyeri. Sebagian wanita memproduksi prostaglandin dalam jumlah lebih banyak sehinga lebih merasakan nyeri dibandingkan wanita lainnya.

Gejala Dismenore

gejala umum yang dirasakan oleh wanita yang sedang mengalami dismenore yaitu berupa:

  • Nyeri pada prut bawah
  • Terasa tekanan pada perut
  • Nyeri pada pnggang, punggung bawah atau bagian dalam pada
  • Mual dan muntah
  • Feses cair
  • Sakit kepala

Dismenore biasanya diawali dengan rasa nyeri pada bagian perut bawah, kemudian menjalar ke punggung bagian bawah dan tungkai. Pada kebanyakan kasusu, dismenore terjadi saat sebelum atau selama menstruasi. Kondisi ini dapat muncul selama beberapa jam namun ada juga yang bertahan hingga 24 jam.

Ada berbagai cara untuk mengurangi dismenore atau nyeri haid mulai dari makanan hingga berbagai latihan ini juga tidak hanya mengatasi namun dapat mencegah agar jangan sampai sakit terus setiap datang bulan. Berikut beberapa cara mengatasi dismenore atau nyeri haid:

Kompres Air Hangat

Memberi penghangat diperut bawah atau punggung bawah dapat membantu mengendurkan otot yang berkontraksi di uterus, yang menyebabkan rasa sakit yang diasosiasikan dengan menstruasi. Siapkan kantung air panas yang dapat Anda buat dengan cara mengisi air hangat pasa plastik berukuran sedang kemudian ikat rapat-rapat agar tidak tumpah, apabila sudah siap terapkan pada perut bagian bawah yang terasa sakit sambil berbaring dalam kondisi rileks.

Olahraga ringan

Olahraga ringan seperti berjalan kaki dapat membantu melancarkan aliran darah sebab meningkatkan denyut jantung, aliran darah lancar nyeri haid pun dapat lebih cepat membaik. Lakukan hal itu selama 30 menit setiap hari.

Minum Teh Kamomil

Salah stau penelitian yang dilakukan oleh American Chemical Society, menunjukan bahwa wanita yang minum teh kamomil selama menstruasi memiliki level hippurate yang lebih tinggi yaitu anti radang alami yang memiliki kekuatan untuk meringankan rasa nyeri.

Cukupkan Vitamin D

Mendapatkan vitamin D dalam jumlah cukup dapat meringankan nyeri yang berkaitan dengan kram menstruasi. Penting untuk minum suplemen atau memastikan bahwa Anda mendapat cukup vitamin D dalam diet jika Anda terus menerus menderita nyeri haid.

Hindari makanan penyebab kembung

Kemungkinan anda sudah merasakan sedikit kembung saat haid jadi ini adalah waktu yang baik untuk menghindari makanan yang menyebabkan Anda menahan air dan merasa tambah kembung. Ini termasuk makanan berlemak, biji-bijian, dan minuman berkarbonasi, sehingga Anda harus mengurangi makanan dan minuman.

Dapatkan cukup kalsium

Penting untuk mempunyai cukup kalsium dalam diet, terlepas dari apakah Anda sedang haid atau tidak. Artinya, sangat penting memberi perhatian pada konsumsi kalsium selama haid, karena kalsium yang cukup dapat mengurangi kram yang mungkin Anda rasakan selama haid.

Minum Suplemen Herbal

Suplemen herbal yang cocok untuk mengatasi dismenore yaitu obat herbal dismenore Walatra G-Sea Jelly Gamat 100% alami tanpa mengandung sedikitpun bahan kimia sehingga tidak menimbulkan efek samping dan tidak ketergantungan. Ingin tahu informasi lengkapnya?? Yukkk .. Baca Disini

best regards,
Ilham Nur Rizki Muharram
Cara Mengatasi Dismenore
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 0852 6143 6601 (Tlp & SMS/WhatsApp) – Pin BB : 5D55CD3A

Facebook Comments
VN:F [1.9.20_1166]
Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
VN:F [1.9.20_1166]
Rating: 0 (from 0 votes)

Kata Pencarian :

    disminore, desminore, dismenor, dismi, dism, cara mengatasi dismenore, dismenorw, dismen, disme, dismin, disminor, disminorhe, disminoria, dismo, gambar kompres hangat menstruasi kartun, mengatasi dismi, obat disminore, Bagaimana cara pencegahan jika cewe mengalami disminore, dishm, cara atasi desminorea, cara mengatasi desminore, cara mengatasi disminor, cara mengatasi disminore, cara mengatasi disminorhe, cara mengatasi nyeri dismenore, cara mengatasi sakit perut saat desminor, cara mengobati desminor, cara menyembuhkan des, desmi, desminhore, desminor, desminorhea, [[[xjs sav id A3P-UiV9JXk O 5]] [[id type created_timestamp last_modified_timestamp signed_redirect_url dominant_color_rgb tag_info url title comment snippet image thumbnail num_ratings avg_rating page job]] [[dt_fav_images]] 10000]
CS Walatra Herbal

CS Walatra Herbal

Agen Herbal Tasikmalaya