Cara Merawat Fibrilasi Atrium

Waspadai Penyakit Fibrilasi Atrium!!

fibrilasi atrium merupakan kondisi saat serambi (atrium) jantunug berdenyut dengan tidak beraturan dan cepat. Kondisi ini meningkatkan risiko terjadinya penggumpalan darah, stroke, dan gagal jantung. Pada penderita fibrilasi atrium, hantaran lsitrik pada jantung dan irama denyut jantung mengalami gangguan, sehingga atrium gagal mengalirkan darah ke ventrikel.

Meski tidak mengancam nyawa, fibrilasi atrium membutuhkan penanganan yang yang serius guna menghindari komplikasi yang lebih parah. Penanganan yang dilakukan tergantung dari jenis dan tingkat keparahan gejala yang dirasakan oleh penderita

Gejala Fibrilasi Atrium

Gejala umum yang dirasakan oleh penderita fibrilasi atrium yaitu jantunug berdebar atau detak jantung terasa lebih cepat dan tidak beraturan, gejala lain yang mungkin dirasakan oleh penderita fibrilasi atrium berupa:

  • Kelelahan terutama saat berolahraga
  • Pusing
  • napas pendek
  • Lemah
  • Nyeri dada

Penyebab Fibrilasi Atrium

Fibrilasi atrium terjadi saat ada gangguan pada penghantar sinyal listrik jantung, yang mana terlalu banyak impuls yang melewati nodus atrioventrikular (AV node) yang berfungsi sebagai penghubung listrik antara atrium dan ventrikel. Akibatnya denyut jantunug menjadi lebih cepat dari denyut jantung normal dan dapat menyebabkan kerusakan pada struktur jantung. beberapa faktor yang membuat seseorang rentan mengalami fibrilasi atrium, berupa:

  • Adanya riwayat penyakit fibrilasi atrium dalam keluarga
  • Obesitas
  • Kebiasaan mengonsumsi alkohol
  • Usia lanjut

Menurunkan risiko terjadi fibrilasi atrium dapat Anda lakukan dengan menerapkan pola hidup sehat, sepertu:

  • Menghentikan kebiasan merokok
  • Mengonsumsi makanan yang sehat
  • Membatasi konsumsi alkohol dan kafein
  • Menjaga berat badan yang normal
  • Mengendalikan tekanan darah dan kadar kolestrol dalam darah

Apabila Anda terdiagnosis dengan kondisi ini, mungkin Anda menerima daftar panjang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dari dokter. Tetapi selain mengkhawatirkan obat apa yang dibutuhkan, Anda juga dapat merawat kondisi ini dengan cara aman dan alami. Lihat Langkah 1 di bawah untuk memulai jalan Anda menuju kesehatan jantung. Berikut beberapa cara merawat fibrilasi atrium:

⇒Hindari Kafein dalam bentuk apapun⇐

Kopi, cokelat, minuman berenergi, atau apaun yang mengandung kafein hasru anda hindari, karena kafein dapat meningkatkan pelepasan radikal bebas yang menyebabkan gangguan dalam aktivitas listrik di jantung, bahkan satu cangkir dalam sehari dapat menjadi penyebab utama kekhawatiran. Hindari kafein secara perlahan jika secara tiba-tiba atau sekalis maka akan memperburuk ketidakteraturan detak jantung.

⇒Konsumsi teh hanya dalam jumlah sedang⇐

Khususnya teh kamomil dan teh hijau diduga dapat merilekskan pikiran dan menenagkan indra, teh juga dapat melepaskan antioksidan yang membantu mengangkut impuls listrik dengan lebih baik. Satu porsi teh setiap hari yang mengandung tidak lebih dari 3-5 g daun teh masih diperbolehkan, namun sebaliknya, jika mengandung kafein teh harus dihindari.

⇒Minimalkan makanan tidak sehat⇐

Makanan yang dikenal sebagai faktor pemicu terjadinya fibrilasi atrium yaitu makanan berminyak, makanan berlemak jenuh, junk food, makanan olahan, makanan dengan MSG. Apabila Anda terbiasa mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah besar setiap hari , maka segera hentikan hal ini. Gantilah makanan tersebut dengan makanan yang lebih sehat dan lebih hijau dari rantai makanan.

⇒Konsumsi Pisang Dan Kacang⇐

Pisang mengandung kalium yang tinggi dan diketahui dapat menurunkan tekanan darah, serotonin yang dikandungannya berperan sebagai pengangkat suasana hati. Kacang terutama kacang almond mengandung vitamin E yang tinggi dan memiliki efek merilekskan serat otot jantung.

⇒Hindari Minuman Beralkohol⇐

Alkohol dalam bentuk apapun harus Anda hindari, bahkan minuman beralkohol ringan seperti bir dan anggur tidak membantu jantung untuk mengangkut impuls listrik dengan lebih efisien. Alkohol dalam darah merupakan penyebab utama kerusakan detak jantung normal. Apabila fibrilasi atrium merupakan masalah bagi Anda, anggur tidak bagus untuk jantung Anda.

⇒Berhentilah Merokok⇐

Seperti yang kita ketahui merokok sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh, merokok dapat menyebabkan banyak penyakit serius lainnya termasuk penyakit fibrilasi atrium bahkan satu batang rokok pun tidak diperbolehkan. Nikotin bukanlah zat yang dibutuhkan tubuh oleh karena itu hindari nikotin.

⇒Minum Suplemen Herbal⇐

Ada berbagai jenis suplemen herbal yang disarankan untuk penyakit fibrilasi atrium yang dijual bebas, namun kami memiliki suplemen herbal yang khusus kami pasarkan secara Online dan tidak terdapat diapotik manapun, yaitu obat herbal fibrilasi atrium dari Walatra G-Sea Jelly Gamat yang terbuat dari bahan alami pilihan tanpa mengandung sedikitpun bahan kimia dan hanya terdapat di agen resmi seperti kami, untuk itu pesanlah hanya pada kami. Baca Juga : Pengobatan fibrilasi atrium.

⇒Latihan kardio ringan⇐

Jalan kaki, joging, berlari, aerobik atau olahraga seperti tenis dapat dilakukan selama tidak lebih dari 30 menit setiap 3-4 kali seminggu. Tujuan latihan ini untuk menjaga tingkat kebugaran dan memastikan sirkulasi jantung lancar. Latihan seharusnya lebih seperti waktu yang Anda habiskan dengan diri sendiri dan fokus pada performa dan irama daripada yang lainnya. Intinya adalah mempertahankan kestabilan irama jantung untuk melawan ketidakseimbangan fibrilasi

⇒Lakukan Yoga⇐

Sarana paling ampuh yang akan berkerja pada level pikiran dan tubuh yaitu yoga, namun hindari yoga berat seperti yoga kekuatan. Teknik pernapasan yoga dasar dan asana sederhana dapat dilakukan dengan mudah, yoga juga akan membantu Anda bermeditasi dan melepaskan stres.

⇒Lakukan Latihan Pernapasan⇐

Duduklah dengan kaki ditekuk ke atas dan tarik napas dalam kemudian hembuskan dengan perlahan. Rasakan hirupan napas dan perhatikan perut Anda mengembang dengan setiap tarikan napas. Fokuslah pada pernapasan Anda. Lakukan hal ini paling tidak 15 tarikan setiap kali. Ini akan membantu Anda rileks dan menghilangkan debaran jantung Anda.

Tips

  • Makanan hebal seperti bawang bombai dan bawang putih memiliki kandungan aktif yang membantu kontraksi otot dan konduksi saraf.
  • Tumbuhan seperti kayu manis diketahui mengandung atropin yang dapat merangsang detak jantung dan dapat merawatn fibrilasi atrium.
  • Memaksa batuk seperti berusaha mengeluarkan objek yang tersangkut di tenggorokan. Cara ini sudah dikenal dan merupakan manuver yang terbukti secara ilmiah digunakan oleh dokter sendiri untuk mengontrol fibrilasi atrium dalam keadaan darurat.
Ingin Mendapatkan Walatra G-Sea Jelly Gamat Sebagai Obat Herbal Fibrilasi Atrium??

best regards,
Ilham Nur Rizki Muharram
Cara Merawat Fibrilasi Atrium
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 0852 6143 6601 (Tlp & SMS/WhatsApp) – Pin BB : 5D55CD3A

Facebook Comments
VN:F [1.9.20_1166]
Rating: 2.0/5 (1 vote cast)
VN:F [1.9.20_1166]
Rating: 0 (from 0 votes)
Cara Merawat Fibrilasi Atrium, 2.0 out of 5 based on 1 rating
CS Walatra Herbal

CS Walatra Herbal

Agen Herbal Tasikmalaya