Operasi Ablasio Retina

Waspada Ablasio Retina Dapat Mengakibatkan Kebutaan

Ablasio retina merupakan kondisi saat retina (lapisan tipis yang terletak dibagian belakang mata) mulai terlepas dari pembuluh darah yang menyalurkan oksigen dan nutrisi. Retina adalah bagian penting dari mata yang berfungsi untuk memroses semua cahaya masuk mata. Ablasio retina dapat menyebabkan kebutaan sebab retina tidak berfungsi dengan baik, penderita ablasio retina akan mengalami kehilangan penglihatan yang permanen jika tidak diobati sejak awal.

Ablasio retina terjadi karena adanya robekan kecil di dalam retina, sehingga cairan vitreus (cairan dibagian tengah bola mata) akan merembes masuk di celah antara retina dan lapisan belakangnya. Sobekan retina itu terjadi karena beberapa hal, seperti:

  • Retina menipis dan bertambah rapu akibat bertambahnya usia
  • Diabetes dengan komplikasi di bagian mata
  • Cedera Mata
  • Berkurangnya produksi cairan vitreus

Ablasio retina tidak akan menimbulkan rasa sakit, seringkali ablasio retina terjadi secara tiba-tiba. Namun ada juga yang mengalami beberapa gejala, berupa:

  • Muncul Floaters (bintik-bintik hitam) yang melayang secara mendadak
  • Efek sarang laba-laba
  • Penglihatan kabur
  • Muncul kilatan cahay pada mata
  • Penglihatan bagian samping mayta perlahan berkurang
  • Penglihatan tertutup oleh bayangan seperti tirai

Prosedur Operasi Ablasio Retina Mata Yang Dapat Dilakukan Dokter

  • Vitrektomi

Vitrektomi merupakan prosedur operasi mata untuk mengeluarkan cairan seperti jel dalam rongga mata. Operasi ini dilakukan untuk mengatasi retina mata yang lepas dari belakang mata (ablasio retina). Tindakan ini bertujuan untuk menyingkirkan cairan vitreus sehingga dookter spesialis mata dapat melihat bagian belakang mata dengan jelas.

Prosedur operasi vitrektomi biasanya dokter akan menyuntikan minyak silikon atau gelembung udara ke dalam mata untuk menekan retina ke dinding belakang. Minyak silikon in tidak dapat diserap oleh tubuh, maka diperlukan tindakan operasi kedua untuk mengeluarkannya setelah ablasio retina sembuh.

  • Pneumatic retinopexy

Melengkapi prosedur operasi yang sudah ada sebelumnya yang digunakan untuk memperbaiki Ablasio retina termasuk tekuk skleral dan vitrektomi pars plana. Ini adalah metode perbaikan ablasio retina yang efektif dan non-invasif pada kasus-kasus tertentu.

Pneumatic retinopexy adalah prosedur 2 langkah. Pada langkah pertama, gelembung gas yang meluas disuntikkan ke dalam rongga vitreus dan pasien diposisikan sehingga gelembung menutup retina, memungkinkan resorpsi cairan subretinal. Langkah kedua memerlukan induksi adhesi korioretinal di sekitar semua retina istirahat dengan cryopexy, laser, atau keduanya.

  • Scleral buckling

Scleral buckling adalah teknik bedah oftalmik yang telah berhasil digunakan untuk memperbaiki ablasio retina selama lebih dari 60 tahun. Dalam dua dekade terakhir, retinopeksi dan vitrektomi pneumatik telah ditambahkan ke dalam armamentarium reattachment retina. Meskipun banyak perdebatan terus berlanjut mengenai bentuk pengobatan optimal untuk berbagai jenis detasemen retina, tekuk skleral semakin menurun, terutama terkait kasus pseudophakic.

Tujuan mendasar dari tekuk skleral adalah penutupan fungsional dari semua retina, sehingga kekuatan fisiologis normal dapat mempertahankan keadaan keterikatan permanen. Drainase cairan subretinal dan tekuk skleral biasanya akan menutup istirahat yang bertanggung jawab segera. Dalam prosedur non-drainase, penutupan retina retina dapat terjadi akibat beberapa efek menguntungkan dari gesper skleral, termasuk perubahan bentuk cekung bola mata, menghasilkan perubahan efek arus intraokular yang mendorong vitreous cair memasuki ruang subretinal. Efek ini tidak eksklusif dan mungkin sinergis, dan juga penting dalam kasus drainase.

Semua prosedur operasi ablasio retina diatas, tentunya memiliki efek sampingnya masing-masing, dan tak sedikit akan mempengaruhi kesehatan tubuh kita yang lain. Untuk menghindari itu semua sebaiknya Anda hindari tindakan operasi itu dan beralih ke pengobatan alternatif, salah satunya dengan obat herbal ablasio retina dari Walatra Sehat mata Softgel yang sudah terbukti khasiatnya mampu mengobati berbagai keluhan mata termasuk ablasio retina.

Ingin mendapatkan obat herbal ablasio retina walatra sehat mata softgel? Yukk <<Klik Disini>>

best regards,
Ilham Nur Rizki Muharram
Operasi Ablasio Retina
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 0852 6143 6601 (Tlp & SMS/WhatsApp) – Pin BB : 5D55CD3A

Facebook Comments
VN:F [1.9.20_1166]
Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
VN:F [1.9.20_1166]
Rating: 0 (from 0 votes)
CS Walatra Herbal

CS Walatra Herbal

Agen Herbal Tasikmalaya