Pantangan Makanan Penderita Demam Tifoid

WASPADAI DEMAM TIFOID (TIFUS)

Demam tifoid atau tifus (tipes) merupakan penyakit yang terjadi karean infeksi bakteri Salmonella typhi dan umumnya menyebar melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi.Demam tifoid banyak ditemukan di negara-negara berkembang dan banyak dialami oleh anak-anak dan penyakit ini dapat membahayakan nyawa jika tidak ditangani dengan benar. Demam tifoid merupakan penyakit menular dan sangat sangat cepat menular, infeksi demam tifoid terjadi saat seseorang mengonsumsi makanan dan minuman yang terlah tekontaminasi sejumlah kecil tinja yang mengandung bakteri.

Penyebab Demam Tifoid

Sanitasi buruk merupakan penyebab utama penularan, di Indonesia persebaran bakteri Salmonella typhi biasanya terjadi melalui konsumsi air yang terkontaminasi tinja yang terinfeksi bakteri tersebut. Dampak yang sama terjadi pada makanan yang dicui dengan air yang terkontaminasi, kondisi ini terutama disebakna oleh buruknya sanitasi dan akses mandapatkan air bersih. Bakteri ini juga dapat menyebar jika orang yang telah terinfeksi tidak mencuci tangan sebelum menyentuh atau mengolah makanan, Penyebaran bakteri terjadi ketika ada orang lain yang menyantap makanan yang tersentuh tangan pengidap.

Gejala Demam Tifoid

Apabila tidak ditangani dengan benar, kondisi penderita demam tifoid dapat memburuk dalam beberapa minggu bahkan perlu waktu bulanan sebelum tubuh dapat sepenuhnya pulih. Gejala yang dapat dirasakan oleh penderita demam tifoid yait berupa:

  • Demam yang meningkta secara bertahap tiap hari di minggu pertama
  • Otot terasa sakit
  • Sakit kepala
  • Merasa sakit
  • Pembesaran ginjal dan hati
  • Berkeringat
  • Batuk kering
  • Penurunan berat badan
  • Sakit perut
  • Kehilangan nafsu makan
  • Diare

Demam tifoid merupakan penyakit yang dapat menyebabkan diare, sehingga dapat dengan mudah membuat daya tahan tubuh seseorang melemah. Ada beberapa makanan yang tidak boleh dimakan oleh penderita demam tifoid, berikut beberapa pantangan makanan untuk penderita demam tifoid:

  • Sumber Karbohidrat

Mengingat penderita demam tifoid mengalami masalah pada pencernaan, beberapa makanan yang memiliki karbohidrat tinggi sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita demam tifoid. Makanan tersebut diantaranya beras ketan, beras merah, roti whole wheat, ubi, jagung, dll.

  • Sayuran Berserat Tinggi

Sayuran seperti singkong, daun pepaya, daun katuk, daun melinjo, oyong, dan timun diharapakan tidak diberikan pada penderita demam tifoid sebab memiliki serat yang cuup tinggi.

  • Kacang-kacangan

Seseorang yang tengah menderita demam tifoid sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi kacang-kacangan. Baik kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, kacang tolo atau kacang kedelai.

  • Buah Asam

Beberapa buah tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita demam tifoid, buah tersebut diantaranya seperti apel, jambu, jeruk, dan beberapa buah asam. Selain buah asam, buah yang memicu timbulnya gas di pencernaan juga tidak diperbolehkan seperti nangka dan durian.

Apabila Anda sedang menderita demam tifoid cobalah berpuasa dari pantangan makanan demam tifoid tersebut. Hal ini dapat membantu Anda pulih dari sakit lebih cepat. Namun selain menghindari pantangan makanan diatas, untuk mendapatkan kesembuhan yang optimal dan lebih cepat penderita demam tifoid sebaiknya melakukan pengobatan yang benar, salah satunya dengan obat herbal demam tifoid dari Walatra G-Sea Jelly Gamat 100% Aman karena terbuat dari bahan alami berkhasiat dan tidak mengandung sedikitpun bahan kimia sehingga tidak menimbulkan efek samping. Baca Selengkapnya Disini!!!

best regards,
Ilham Nur Rizki Muharram
Pantangan Makanan Penderita Demam Tifoid
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 0852 6143 6601 (Tlp & SMS/WhatsApp) – Pin BB : 5D55CD3A

Facebook Comments
VN:F [1.9.20_1166]
Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
VN:F [1.9.20_1166]
Rating: 0 (from 0 votes)

Kata Pencarian :

    pantangan demam tipoid
CS Walatra Herbal

CS Walatra Herbal

Agen Herbal Tasikmalaya